Tips Memelihara Kucing Agar Tidak Merusak Furnitur Rumah

tempat kotoran kucing

Memelihara hewan peliharaan menjadi hobi yang sangat menarik. Tidak hanya akan menjadi teman di rumah, hewan peliharaan baik anjing maupun kucing yang dirawat dan dibersihkan dengan baik bisa menjadi bahan untuk pelukan setiap saat.

Tetapi memelihara binatang terutama kucing memiliki banyak masalah, salah satunya adalah hewan ini bisa merusak furnitur yang ada di rumah mulai dari keset yang hancur, sofa yang sobek karena terkena kuku kucing, dan lantai yang menjadi kotor.

Jika Anda senang memelihara kucing dan tidak ingin furnitur yang ada di rumah rusak, berikut tips yang kamu bisa lakukan

Sediakan Boks Kotoran

tempat kotoran kucing

Ini yang paling utama harus Anda persiapkan. Sediakan dua buah boks kotoran untuk satu ekor kucing untuk mereka membuang urin atau kotoran. Taruh boks kotoran ini di sudur rumah Anda dan sediakan pasir di dalam boks tersebut.

Cara ini dilakukan untuk membuat kucing tidak lagi membuang kotoran sembarangan dan cara ini berguna untuk menjaga rumah Anda tidak dikotori oleh kucing Anda.

Lapisi Peralatan Rumah Anda

Cara ini dilakukan agar saat kucing Anda tidak mengasah kukunya si keset atau sofa Anda. Buatlah tiang tinggi dan lapisi tali tambang sebagai tempat untuk mengasah kuku. Melihat sudah tersedia tempat khusus baginya, pasti kucing Anda akan memilih untuk mengasah kukunya di sana dan berhenti merusak sofa atau keset Anda.

Siapkan Ranjang Untuk Tempat Tidur

tempat tidur kucing

Jangan biarkan kucing tidur seranjang dengan Anda. Bulu kucing mudah rontok dan akan menimbun di kasur dan bisa menimbulkan penyakit. Siapkan kandang untuk kucing anda sebagai lokasinya tidur agar tidak tidur seranjang dengan Anda.

Hal ini juga berguna untuk menjaga tidur Anda lebih nyenyak. Di dalam situs dreams.co.uk dijelaskan, lebih dari 50 persen orang yang tidur dengan hewan peliharaannya akan mengalami gangguan tidur.

Semprotkan Pengharum Ruangan

menyemprot pengharum ruangan

Rumah yang bersih dan wangi akan membuat kucing tidak nyaman melakukan aksivitas seperti mengasah kuku. Ia pun akan memilih mencari barang di luar rumah untuk lokasi panjat dan mengasah kukunya.

Bersihkan rumah Anda setiap minggu dengan cairan pembersih lantai yang mengandung antikuman dan semprotkan pengharum ruangan di sekitar furnitur yang biasa menjadi tempat bermain kucing agar ia menjauh dari tempat tersebut.

Anda yang memelihara kucing bisa menerapkan tips ini di rumah untuk menjaga furnitur rumah agar tidak dirusak oleh kucing peliharaan.

Setiap masalah pasti ada solusi dan jalan keluarnya, termasuk masalah memelihara hewan di dalam rumah yang dapat merusak furnitur yang ada di dalam ruangan.

Tips berikut diberikan untuk Anda yang hobi memelihara kucing di Rumah. Memelihara hewan peliharaan memang menambah masalah di dalam rumah Anda. Tetapi dengan tips berikut ini dapat mengurangi masalah tersebut dan Anda bisa lebih tenang memelihara kucing di rumah.

Teman yang paling menggemaskan satu ini menjadi peliharaan populer selain dari anjing. Terutama untuk kucing anggora dengan bulunya yang tebal dan hangat untuk menjadi tepat pelukan saat sedang galau.