Rumor: Nokia Terjun Ke Dunia Smartphone Android Dengan Snapdragon 820

nokia android

nokia android

Walaupun Qualcomm sudah resmi memperkenalkan prosesor terbaruĀ  miliknya yakni Snapdragon 821 yang di klaim memiliki kecepatan 10 persen lebih baik dibandingkan pendahulunya Snapdragon 820, tetapi Nokia tidak menggunakan prosesor terbaru tersebut untuk smartphone terbaru berbasis Android miliknya.

Menurut informasi dari beberapa media asing, Nokia akan kembali menggrebek pasar melalui smartphone perdananya yang berbasis Android.

Meskipun baru terjun ke dunia Android, Nokia tidak tanggung-tanggung akan langsung merilis dua smartphone baru dengan sistem operasi Android.

Dapur Pacu Nokia Android

Masing-masing perangkat tersebut memiliki bodi berbahan logam dengan layar 5.2 inci dan 5.5 inci. Layar tersebut dikatakan sudah mendukung resolusi 2K, tetapi ada beberapa sumber yang menyatakan kalau kemungkinan layar tersebut sudah mendukung QHD.

Keduanya memiliki performa yang menakjubkan denagn menggunakan prosesor keluaran awal tahun 2016 milik Qualcomm yakni Snapdragon 820.

logo snapdragon

Kedua ponsel pintar ini dikatakan sudah taha air dan tahan debu seperti Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge milik Samsung.

Spesifikasi Kamera

kamera ponsel

Dari segi kamera, dikabarkan kalau perangkat ini akan menggunakan kamera dengan resolusi 22,6 megapiksel untuk bagian belakang. Belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai resolusi kamera di bagian depan, yang pasti kalau kita lihat dari ponsel-ponsel milik Nokia sebelumnya, sudah tidak diragukan lagi pada bagian kameranya.

Contohnya saja Nokia pernah merilis Nokia Lumia 1020 dengan kamera belakang 41 mega piksel dan kamera depan 1.2 mega piksel. Menggunakan teknologi PureView sehingga hasil dari kamera tersebut terlihat sangat indah.

Melihat dari pendahulunya yang selalu unggul di sektor kamera, Nokia Android ini pastinya akan menggunakan kamera yang lebih bagus dari pendahulunya agar tidak terkesan tertinggal dengan pendahulunya.

Perilisan Nokia Android

Smartphone Nokia dengan sistem operasi Android ini digosipkan akan lebih dahulu rilis di China. Karna ini merupakan ponsel premium, perangkat ini diperkirakan akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 6,5 Juta.

Lalu menyusul pada akhir 2016 atau awal tahun 2017 ponsel ini akan rilis di berbagai negara lainnya.

Tidak seperti saat merilis ponsel dengan sistem operasi Windows Phone, kali ini Nokia tidak mengembangkan perangkat ini di pabrik milik sendiri. Nokia hanya memberikan lisensi label merek Nokia kepada perusahaan bernama HMD Global. Nanti, perusahaan inilah yang akan mengembangkan dan memproduksi perangkat mobile Nokia di masa depan.

Perilisan ini merupakan kali pertama Nokia membuat ponsel berbasis Android yang sebelumnya menggunakan sistem operasi Windows Phone. Melihat dari banyaknya penggemar Nokia, kira-kira ponsel terbaru miliknya akan laku keras tidak ya?

Di samping itu, ponsel ini tidak secara langsung dikembangkan oleh Nokia dan Nokia hanya menjual lisensi mereka kepada perusahaan yang akan mengembangkan ponsel pintar tersebut. Apakah kalian akan kecewa dengan ponsel ini karna tidak dikembangkan secara langsung dengan Nokia, atau kalian cuek asalkan ponsel tersebut berlabelkan Nokia?

Kalau menurut saya, masalah kualitas pasti akan berbeda. Bisa dilihat dari Lumia generasi terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft di pabrik milik Nokia, dengan tangan yang berbeda kualitas yang dihasilkan juga berbeda. Bahkan saya lebih suka Lumia hasil pengembangan dari Nokia dibandingkan dengan Microsoft walaupun dibuat di pabrik yang sama.