Mahasiswa UGM Membuat Aplikasi Pendeteksi Banjir di Android

banjir jakarta

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang melanda Ibukota Jakarta saat musim hujan melanda. Mengingat banjir merupakan salah satu bencana alam yang selalu terjadi musiman, hal yang penting memilih perumahan tempat tinggal di lokasi yang terbebas dari banjir.

Untuk menangani masalah banjir, perlu dibuat sistem peringatan yang mudah diakses oleh masyarakat umum agar masyarakat akan tahu kapan banjir terjadi.

Hal ini membuat mahasiswa UGM yang terdiri dari Zufar Amanulah M, Shalatuhaddin Al-Ayubi, Ayu Nur Latifah, Suryo Prakoso Putra, dan toga Ardian S membuat sebuah aplikasi peringatan dini yang menghubungkan antara perangkat pendeteksi ketinggian air dan aplikasi yang diinstall di smartphone Anda.

Jika ketinggian air sudah melewati batas, perangkat akan memberikan notifikasi kepada warga di lokasi sekitar dengan memberikan SMS dan notifikasi dari aplikasi yang berbentuk animasi.

Dengan adanya notifikasi seperti ini, bencana banjir bukanlah sebuah masalah besar karna para warga bisa terlebih dahulu melakukan evakuasi sebelum banjir tersebut melanda.

Aplikasi Pendeteksi Banjir

aplikasi android

Aplikasi buatan para mahasiswa UGM ini diberi nama iFlee yang menggabungkan kemampuan software-making, realtime server management, hingga social networking yang berfokus pada bencana.

Perangkat keras yang digunakan merupakan sebuah sensor, mikrokontroler dan module GSM. Perangkat ini mengguakan panel surya sebagai sumber energinya dan disimpan di sebuah power bank sehingga tidak memerlukan energi listrik dan masih memiliki simpanan daya saat sedang tidak ada matahari.

Sedangkan pada aplikasinya dibuat dalam bahasa pemrograman Android yang sudah dikenal oleh masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih mudah menggunakannya dan mengembangkannya.

Aplikasi diterapkan di Jakarta

banjir jakarta

Jakarta merupakan ibukota negara yang menjadi pusat peradaban di negara ini mulai dari sosial, politik, ekonomi, dam sebagainya.

Walaupun begitu, lokasi ini merupakan salah satu daerah yang rawan banjir. Hal inilah yang membuat aplikasi ini diterapkan di Jakarta.

Untuk jembatan komunikasi, aplikasi ini bekerja dengan real time server yang terintegrasi dengan BMKG dan BNPB sehingga informasi yang didapatkan lebih cepat dan valid.

Saat ini mereka juga sudah menjalin kerjasama dengan BNPB Daerah Istimewa Yogyakarta untuk membuat teknologi ini bisa diterapkan di Kota Jogja. Semoga saja nanti akan lebih menyebar agar semua bisa menikmati teknoligi terbaru buatan anak bangsa ini.

Teknologi Semakin Berkembang

teknologi

Perkembangan teknologi tidak ada batasnya. Banyak teknologi baru hadir yang bermanfaat untuk masyarakat. Para pengembang yang semakin berinovasi membuat teknologi baru yang berguna untuk masyarakat.

Contohnya aplikasi iFlee ini yang dibuat oleh mahasiswa UGM yang membuat masyarakat yang tinggal di kawasan bebas banjir bisa lebih merasa tenang karna saat sebelum terjadi banjir akan ada notifimasi di smartphone Anda.

Segera install aplikasi berguna ini di smartphone berbasis Android Anda jika Anda ingin mendapatkan informasi tentang banjir agar Anda bisa meminimalisir kerugian dari banjir dengan evakuasi sejak dini. Semoga aplikasi ini segera hadir mengingat saat ini Indonesia usdah hampir masuk musim penghujan. Jangan sampai ada berita kerugian akibat bencana banjir, karna nanti kita sudah bisa mendeteksi kapan banjir terjadi berkat mahasiswa pintar ini!